HomeFaedahAkibat Mengabaikan Ilmu
Akibat Mengabaikan Ilmu - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam
Akibat Mengabaikan Ilmu - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Akibat Mengabaikan Ilmu

Imam Malik rahimahullah berkata:

إنَّ أقوامًا ابتغوا العبادةَ وأضاعوا العلمَ فخرجوا على أمةِ محمد صلى الله عليه و سلم بأسيافهم، ولو ابتغوا العلم لحجزهم عن ذلك

“Sungguh ada suatu kaum yang sangat gigih dalam beribadah namun sayangnya mereka mengabaikan ilmu. Kemudian mereka keluar kepada umat Muhammad shallallau ‘alaihi wa sallam dengan membawa pedang (untuk membunuh mereka-pent). Seandainya saja mereka gigih dalam mencari ilmu maka niscaya mereka akan terhalangi dari perbuatan tersebut.” (Miftah Dar as-Sa’adah 1/119)

Syaikh Abdurrazaq al-Badr hafidzahullah mengomentari perkataan ini seraya berkata:

ولذا كانت الخطوة الأولى عند رؤوس الخوارج مع من أرادوا إيقاعه في حبائلهم إبعاده عن أهل العلم وحملته

“Maka dari itu, langkah pertama yang dilakukan oleh para tokoh khawarij terhadap siapa saja yang ingin mereka jerumuskan ke dalam jeratan mereka adalah dengan menjauhkannya dari para ulama dan ahli ilmu.”

Diterjemahkan secara bebas dari website resmi Syaikh Abdurrazaq al-Badr hafidzahullah di http://al-badr.net/muqolat/4397.

Oleh: Muadz Mukhadasin
Artikel: www.muadz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Keutamaan Puasa ‘Asyura - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Keutamaan Puasa Asyura

Puasa 'Asyura merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang keutamaan berpuasa di hari ‘Asyura, beliau bersabda: أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ “Saya berharap kepada Allah untuk mengampuni dosa-dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad) Mari pelajari hal-hal yang berkaitan dengan puasa Asyura ini di dalam link berikut ini agar kita lebih mantap dalam melaksanakannya, dan kita bisa meraih keutamaannya.