HomeBelajar Islam

Belajar Islam

Pembagian Air

Pembagian Air - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Pertanyaan: Terjadi perbincangan (di kalangan masyarakat-red) seputar pembagian air. Sebagian mereka berpendapat bahwa air itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu air suci dan air najis. Dan sebagian yang lainnya berpendapat bahwa air itu terbagi menjadi tiga jenis, yaitu thahuur (air suci dan mensucikan), thaahir (air suci tapi tidak mensucikan), dan air najis. Pertanyaannya, manakah yang benar, apakah pembagian yang pertama ...

Read More »

Tauhid sebagai Pelebur Dosa-Dosa

Tauhid sebagai Pelebur Dosa-Dosa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

“Barangsiapa datang (kepada Allah di hari kiamat kelak) dengan memikul dosa sepenuh bumi, namun ia memiliki tauhid, maka Allah akan menyambutnya dengan ampunan sepenuh bumi pula” [Imam Ibnu Rajab rahimahullah]

Read More »

Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid?

Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh mengatakan bahwa zakat merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang fakir, maka dari itu zakat diberikan kepada mereka untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka sepanjang tahun. Tidak boleh digunakan untuk pembiayaan pembangunan masjid atau yang lainnya.

Read More »

Doa Menghilangkan Rasa Malas

Doa Menghilangkan Rasa Malas - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafidzahullah menjelaskan bahwa: "Sifat malas merupakan suatu musibah dan penyakit. (Maka dari itu-pent) Telah ada sunnahnya (dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam-pent) agar kita berlindung kepada Allah dari sifat tersebut. Tidak akan timbul darinya kecuali kesia-siaan, kelalaian, kerugian, dan penyesalan yang mendalam." Bagaimana cara menghilangkan rasa malas dan apa doa untuk menghilangkan rasa malas? Baca selengkapnya di dalam artikel berikut ini.

Read More »

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa Di antara pengaruh besar dari ibadah shalat adalah shalat sebagai sebab diampuninya dosa-dosa, dikuranginya timbangan (dari dosa-dosa), dan juga dihapuskannya kesalahan-kesalahan. Imam Muslim telah meriwayatkan di dalam Shahih-nya, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ “Shalat lima waktu, dari Jumat ke Jumat yang lain, dan dari Ramadhan ke Ramadhan yang lain merupakan penghapus dosa-dosa, selama menjauhi dosa-dosa besar.”

Read More »

Kedudukan Dzikir dan Syukur dalam Islam

Kedudukan Dzikir dan Syukur dalam Islam - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Salah satu faidah yang disampaikan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah dalam kitabnya al-Fawaid adalah, bahwasanya "Agama Islam itu dibangun di atas dua kaidah, yaitu dzikir dan syukur". Beliau juga membawakan dalil-dalil yang menunjukan bahwa tujuan diciptakannya (segala sesuatu) adalah untuk diingat dan disyukuri, diingat-ingat dan jangan dilupakan, serta disyukuri dan jangan diingkari.

Read More »

Keutamaan Bergaul dengan Teman yang Baik

Keutamaan Bergaul dengan Teman yang Baik - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita agar selektif dalam memilih teman, khususnya teman dekat atau sahabat karib. Hal itu disebabkan karena agama seseorang itu sangat ditentukan oleh agama teman dekatnya.

Read More »

Jadilah Kunci Kebaikan!

Jadilah Kunci Kebaikan - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Di dalam hadits yang mulia yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: إِنَّ مِنْ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلْخَيْرِ مَغَالِيقَ لِلشَّرِّ وَإِنَّ مِنْ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلشَّرِّ مَغَالِيقَ لِلْخَيْرِ فَطُوبَى لِمَنْ جَعَلَ اللَّهُ مَفَاتِيحَ الْخَيْرِ عَلَى يَدَيْهِ وَوَيْلٌ لِمَنْ جَعَلَ اللَّهُ مَفَاتِيحَ الشَّرِّ عَلَى يَدَيْهِ “Sesungguhnya ada sebagian manusia yang menjadi kunci kebaikan dan penutup kejelekan, dan ada pula sebagian manusia yang menjadi kunci kejelekan dan penutup kebaikan. Maka beruntunglah bagi siapa saja yang Allah jadikan kunci-kunci kebaikan berada di tangannya, dan celakalah bagi siapa saja yang Allah jadikan kunci-kunci kejelakan berada di tangannya.” (HR. Ibnu Majah no. 237, dan telah dihasankan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahih Sunan Ibnu Majah no. 194) Pernahkah kita merenungkan dan memperhatikan termasuk kelompok yang manakah kita ini? Apakah kita termasuk ke dalam kelompok manusia yang menjadi kunci kebaikan serta penutup kejelekan bagi diri kita sendiri dan orang lain? Atau justru kita termasuk kelompok yang sebaliknya?

Read More »

Keutamaan Tauhid

Keutamaan Tauhid - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Tauhid merupakan nikmat agung yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-hamba pilihanNya. Setiap hambaNya yang bisa menjaga kemurnian tauhid dan menerapkannya selama hidupnya, maka Allah akan memberikan kepadanya banyak keutamaan. Yang mana semuanya pasti didamba-dambakan oleh setiap orang. Apa saja keutamaan yang akan didapatkan oleh orang yang menerapkan tauhid dalam hidupnya?

Read More »

Urgensi Tauhid

Urgensi Tauhid - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Tidak diragukan lagi bahwasanya tauhid merupakan perkara yang sangat penting bagi manusia. Bahkan tauhid adalah penentu selamat dan tidaknya seorang manusia dari api neraka. Maka dari itu, setiap orang yang menginginkan dirinya selamat dari api neraka ia harus mengaplikasikan tauhid di kehidupannya sehari-hari. Karena pentingnya masalah tauhid, maka para ulama pun telah menerangkan dan mejelaskan kepada kita tentang urgensi atau pentingnya tauhid di dalam kehidupan kita. Di antara urgensi atau pentingnya tauhid yang dijelaskan oleh para ulama adalah: 1. Tauhid adalah tujuan diciptakannya jin dan manusia 2. Tauhid merupakan inti dakwah para rasul 3. Tauhid merupakan hal yang pertama diperintahkan oleh Allah kepada hambaNya sebelum kewajiaban yang lainnya 4. Tauhid adalah hak Allah atas hambaNya 5. Tauhid merupakan tugas seorang muslim sepanjang hidupnya

Read More »