HomeBelajar IslamFiqih

Fiqih

Pembagian Air

Pembagian Air - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Pertanyaan: Terjadi perbincangan (di kalangan masyarakat-red) seputar pembagian air. Sebagian mereka berpendapat bahwa air itu terbagi menjadi dua jenis, yaitu air suci dan air najis. Dan sebagian yang lainnya berpendapat bahwa air itu terbagi menjadi tiga jenis, yaitu thahuur (air suci dan mensucikan), thaahir (air suci tapi tidak mensucikan), dan air najis. Pertanyaannya, manakah yang benar, apakah pembagian yang pertama ...

Read More »

Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid?

Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh mengatakan bahwa zakat merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang fakir, maka dari itu zakat diberikan kepada mereka untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka sepanjang tahun. Tidak boleh digunakan untuk pembiayaan pembangunan masjid atau yang lainnya.

Read More »

Doa Menghilangkan Rasa Malas

Doa Menghilangkan Rasa Malas - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafidzahullah menjelaskan bahwa: "Sifat malas merupakan suatu musibah dan penyakit. (Maka dari itu-pent) Telah ada sunnahnya (dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam-pent) agar kita berlindung kepada Allah dari sifat tersebut. Tidak akan timbul darinya kecuali kesia-siaan, kelalaian, kerugian, dan penyesalan yang mendalam." Bagaimana cara menghilangkan rasa malas dan apa doa untuk menghilangkan rasa malas? Baca selengkapnya di dalam artikel berikut ini.

Read More »

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa Di antara pengaruh besar dari ibadah shalat adalah shalat sebagai sebab diampuninya dosa-dosa, dikuranginya timbangan (dari dosa-dosa), dan juga dihapuskannya kesalahan-kesalahan. Imam Muslim telah meriwayatkan di dalam Shahih-nya, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ “Shalat lima waktu, dari Jumat ke Jumat yang lain, dan dari Ramadhan ke Ramadhan yang lain merupakan penghapus dosa-dosa, selama menjauhi dosa-dosa besar.”

Read More »