HomeKolom UlamaFatwaBolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid?
Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam
Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Bolehkan Zakat Digunakan untuk Pembangunan Masjid?

Pertanyaan:

Apa hukumnya menyalurkan zakat untuk pembangunan masjid? Dan siapakah orang fakir itu?

Jawaban:

Para ulama menjelaskan bahwa zakat merupakan haknya 8 golongan penerima zakat. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjelaskan di dalam FirmanNya:

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاء وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِّنَ اللّهِ وَاللّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

“Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS At-Taubah [9]: 60)

Dari ayat tersebut diketahui bahwa zakat tidak boleh digunakan untuk pembangunan masjid, tidak pula untuk membeli (membiayai) pekuburan, dan tidak pula digunakan untuk mencetak mushaf ataupun buku-buku ilmu.

Zakat merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang fakir, maka dari itu zakat diberikan kepada mereka untuk mencukupi kebutuhan-kebutuhan mereka sepanjang tahun. Tidak boleh digunakan untuk membiayai pembangunan masjid atau yang lainnya.

Fatwa ini disampaikan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah Alu Syaikh hafidzahullah di dalam website resmi www.mufti.af.org.sa. Beliau merupakan salah satu ulama besar dan ketua dari Komisi Tetap Urusan Riset dan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia.

Diterjemahkan secara bebas dengan beberapa penyesuaian oleh Muadz Mukhadasin.
Bogor, 9 Al-Muharram 1437 / 22 Oktober 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hukum Memakai Sandal saat di Kuburan - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Hukum Memakai Sandal saat di Kuburan

Pertanyaan: Apa hukumnya berjalan di area pekuburan dengan menggunakan sandal? Jawaban: Yang disunnahkan bagi seseorang saat memasuki area pekuburan adalah melepaskan kedua sandal (atau alas kakinya). Namun, apabila di tanah area kuburan tersebut ada duri atau hal yang sejenisnya yang bisa mengganggunya maka tidak mengapa apabila dia memakainya.