HomeKolom UlamaNasihat

Nasihat

Yang Sebaiknya Tidak Dilupakan saat Berhari Raya

Yang Sebaiknya Tidak Dilupakan saat Berhari Raya - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Apabila bulan Ramadhan yang penuh berkah telah berlalu, maka masuklah kita ke dalam bulan Syawal yang terdapat di dalamnya Hari Raya Idul Fitri yang merupakan hari istimewa bagi kaum Muslimin. Di Hari Raya Idul Fitri, hati-hati kaum Muslimin dipenuhi dengan rasa senang dan gembira. Mereka merasa gembira karena telah melewati bulan Ramadhan dengan ibadah kepada Allah Ta'ala secara maksimal. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilupakan oleh setiap muslim saat berhari raya. Apa saja hal-hal tersebut? Selengkapnya baca artikel berikut ini. Semoga bermanfaat.

Read More »

Ketentuan-Ketentuan dalam Memberi Nasihat

Ketentuan-Ketentuan dalam Memberi Nasihat - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Nasihat sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Karena dengan nasihat, setiap dari kita bisa memperbaiki diri dan memperbaiki kesalahan serta kekliruan yang mungkin selama ini kita lakukan. Nasihat juga bisa menjadikan iman kita naik dan menjadikan kita lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Nasihat ibarat obat, ketika diberikan kepada orang lain harus diperhatikan ketentuan-ketentuannya. Jika diberikan dengan tepat sesuai ketentuannya maka akan bermanfaat bagi orang yang menerimanya. Sebaliknya, jika diberikan dengan tidak memperhatikan ketentuannya, maka akan bisa menjadi racun yang membahayakan. Apa saja ketentuan-ketentuan dalam memberi nasihat dan adab-adab memberi nasihat? Simak penjelasan Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh hafidzahullah di dalam artikel berikut ini.

Read More »

Sahabat yang Paling Setia

Sahabat yang Paling Setia - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Siapakah sahabat yang paling setia? Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menukilkan sebuah kisah di dalam Raudhatul Muhibbin dari salah seorang ulama, yang mana beliau ditanya: "Siapakah sahabat yang paling setia?". Maka ulama tersebut menjawab: "Amal shalih (amalan kebaikannya-pent)."

Read More »

Keutamaan Bergaul dengan Teman yang Baik

Keutamaan Bergaul dengan Teman yang Baik - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kita agar selektif dalam memilih teman, khususnya teman dekat atau sahabat karib. Hal itu disebabkan karena agama seseorang itu sangat ditentukan oleh agama teman dekatnya.

Read More »

Jadilah Kunci Kebaikan!

Jadilah Kunci Kebaikan - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Di dalam hadits yang mulia yang diriwayatkan oleh sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: إِنَّ مِنْ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلْخَيْرِ مَغَالِيقَ لِلشَّرِّ وَإِنَّ مِنْ النَّاسِ مَفَاتِيحَ لِلشَّرِّ مَغَالِيقَ لِلْخَيْرِ فَطُوبَى لِمَنْ جَعَلَ اللَّهُ مَفَاتِيحَ الْخَيْرِ عَلَى يَدَيْهِ وَوَيْلٌ لِمَنْ جَعَلَ اللَّهُ مَفَاتِيحَ الشَّرِّ عَلَى يَدَيْهِ “Sesungguhnya ada sebagian manusia yang menjadi kunci kebaikan dan penutup kejelekan, dan ada pula sebagian manusia yang menjadi kunci kejelekan dan penutup kebaikan. Maka beruntunglah bagi siapa saja yang Allah jadikan kunci-kunci kebaikan berada di tangannya, dan celakalah bagi siapa saja yang Allah jadikan kunci-kunci kejelakan berada di tangannya.” (HR. Ibnu Majah no. 237, dan telah dihasankan oleh Syaikh al-Albani rahimahullah dalam Shahih Sunan Ibnu Majah no. 194) Pernahkah kita merenungkan dan memperhatikan termasuk kelompok yang manakah kita ini? Apakah kita termasuk ke dalam kelompok manusia yang menjadi kunci kebaikan serta penutup kejelekan bagi diri kita sendiri dan orang lain? Atau justru kita termasuk kelompok yang sebaliknya?

Read More »

Nasihat untuk Mengamalkan Ilmu

Ilmu merupakan perkara yang sangat mulia, namun kemuliaan ilmu tidaklah akan berarti apa-apa jika tidak diamalkan. Seorang yang berilmu akan menjadi mulia di hadapan Allah tatkala ia mengamalkan ilmunya, dan sebaliknya ia akan menjadi seorang yang sangat hina tatkala ia tidak mengamalkan ilmunya. Amal merupakan inti dari ilmu yang dimiliki oleh seseorang. Dan setiap orang akan dimintai pertanggungjawabannya oleh Allah Ta’ala tentang ilmu yang dimilikinya kelak di hari kiamat.

Read More »

Cara Membaca yang Efektif Menurut Ulama

Terkadang mungkin kita bertanya, bagaimana cara membaca yang efektif? Mengapa para ulama bisa berlama-lama dalam membaca buku? Bagaimana caranya agar tidak mudah bosan ketika membaca? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mungkin kita bisa belajar dari salah seorang ulama muda dari negeri Yaman yaitu Syaikh DR. Syadi bin Muhammad Alu Nu’man hafidzahullah ta’ala yang mana beliau bisa membiasakan diri untuk membaca buku hingga 14 jam dalam sehari, sedangkan sebagian sisa waktu yang lainnya dipergunakan untuk menulis. Subhanallah, berarti beliau menghabiskan lebih dari setengah harinya untuk membaca dan menulis. Bagaimana bisa demikian?

Read More »

Tatkala Musibah Datang Menimpa

Tatkala Musibah Datang Menimpa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Musibah dan cobaan sering kali menimpa kehidupan manusia, hal ini sangat wajar karena musibah dan cobaan merupakan bagian dari ketetapan Allah yang pasti berlaku bagi setiap hambaNya. Bagaimana sikap seorang muslim tatkala musibah menimpa dirinya? Apa saja hikmah yang bisa dipetik dari setiap musibah yang menimpanya tersebut? Dan apa saja yang harus dilakukannya tatkala dirinya tertimpa suatu musibah?

Read More »

Jangan Sia-siakan Masa Mudamu!

Jangan Sia-siakan Masa Mudamu! - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Masa muda merupakan masa keemasan yang dimiliki oleh seseorang, dan ini merupakan salah satu nikmat dari Allah yang patut untuk kita syukuri karena tidak semua orang memperoleh kenikmatan ini. Lalu sudahkah kita mensyukuri masa muda yang Allah berikan kepada kita ini?

Read More »