HomeSerba-Serbi Ramadhan

Serba-Serbi Ramadhan

Doa Berbuka Puasa

Doa Berbuka Puasa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Berkaitan dengan doa berbuka puasa, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkan kepada kita sebagaimana yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma, yang mana beliau mengatakan bahwa, dahulu ketika berbuka puasa, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca: ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إنْ شَاءَ اللهُ "Dzahabadzh dzhama'u wabtalatil 'uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah" [Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah, serta pahala akan tetap (diperoleh) insya Allah] (HR. Abu Dawud 2/306, dan juga yang lainnya, silakan lihat Shahih al-Jami' 4/209) Itulah doa buka puasa yang benar dan shahih, yang sesuai dengan contoh dari Nabi kita yang mulia, Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam. Adapun doa berbuka puasa yang berasal dari hadits yang dha'if (lemah) maka hendaknya diinggalkan, walaupun doa tersebut masyhur dan populer di kalangan masyarakat.

Read More »

Amalan di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Amalan di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan -MuadzDotCom- Sahabat Belajar Islam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam telah menjelaskan bahwa pada 10 (sepuluh) hari terakhir di bulan Ramadhan ini terdapat begitu banyak keutamaan, kebaikan serta pahala yang Allah sediakan bagi hamba-hambaNya. Apa saja amalan yang bisa kita lakukan untuk bisa meraih keutamaan tersebut?

Read More »

Bagaimana Cara Menyambut Bulan Ramadhan?

Bulan Ramadhan sudah ada di depan mata, tinggal hitungan hari saja bulan mulia itu akan menyapa kita. Ramadhan merupakan tamu agung yang sangat dinanti-nanti kedatangannya oleh seluruh hamba-hamba Allah yang beriman. Dan sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk menyambut kedatanganya dengan suka cita dan memuliakannya. Jika ada seorang presiden atau mentri negara akan berkunjung ke rumah kita pasti kita akan direpotkan dengan berbagai persiapan untuk menyambutnya. Kita pasti akan menata dan memperindah rumah kita, menyiapkan makanan istimewa dan lain-lain. Ramadhan lebih dari sekedar presiden atau pejabat tinggi lain atau apa pun saja. Ramadhan adalah anugerah Allah yang luar biasa. Ramadhan adalah kesempatan untuk menyiapkan masa depan kita di dunia dan akhirat. Oleh karenanya kita harus mempersiapkan kehadirannya dengan persiapan yang matang agar kita bisa sukses meraih derajat ketakwaan dan mendapat janji Allah yaitu ampunan dan bebas dari api neraka. Bagaimana cara menyambut bulan ramadhan yang telah dijelaskan oleh para ulama?

Read More »