HomeTazkiyatun Nufus

Tazkiyatun Nufus

Pentingnya Menjaga Waktu

Pentingnya Menjaga Waktu - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Hidup manusia terdiri dari kumpulan waktu-waktu. Setiap kegiatan dan peristiwa yang dilaluinya tidaklah bisa terlepas dari waktu. Maka dari itu, waktu sangatlah penting bagi manusia pada umumnya, terlebih lagi bagi seorang Muslim. Seorang Muslim yang baik akan senantiasa memandang bahwa setiap waktu yang dilakukannya merupakan ibadah. Bagaimana kiat-kita menjaga waktu? Dan seberapa pentingnya sehingga kita harus menjaga waktu? Baca selengkapnya mengenai pembahasan "Pentingnya Menjaga Waktu" di dalam artikel berikut ini. Semoga bermanfaat.

Read More »

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Shalat Menjadi Sebab Diampuninya Dosa-Dosa Di antara pengaruh besar dari ibadah shalat adalah shalat sebagai sebab diampuninya dosa-dosa, dikuranginya timbangan (dari dosa-dosa), dan juga dihapuskannya kesalahan-kesalahan. Imam Muslim telah meriwayatkan di dalam Shahih-nya, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ مَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتَنَبَ الْكَبَائِرَ “Shalat lima waktu, dari Jumat ke Jumat yang lain, dan dari Ramadhan ke Ramadhan yang lain merupakan penghapus dosa-dosa, selama menjauhi dosa-dosa besar.”

Read More »

Kedudukan Dzikir dan Syukur dalam Islam

Kedudukan Dzikir dan Syukur dalam Islam - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Salah satu faidah yang disampaikan oleh Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah dalam kitabnya al-Fawaid adalah, bahwasanya "Agama Islam itu dibangun di atas dua kaidah, yaitu dzikir dan syukur". Beliau juga membawakan dalil-dalil yang menunjukan bahwa tujuan diciptakannya (segala sesuatu) adalah untuk diingat dan disyukuri, diingat-ingat dan jangan dilupakan, serta disyukuri dan jangan diingkari.

Read More »

Sebab-sebab Seseorang Bermaksiat Kepada Allah

Sebab-sebab Seseorang Bermaksiat Kepada Allah - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata di dalam bukunya “al-Fawa’id”: Tidaklah seorang hamba mengerjakan apa yang telah diharamkan kepadanya melainkan karena dua sebab: Pertama: Buruk sangka kepada Allah. Ia (menyangka) sekiranya ia menaati dan lebih mengutamakan Allah (dari pada selainNya), niscaya Allah tetap saja tidak akan memberinya sesuatu yang lebih baik dan lebih halal (dari apa yang dilakukannya). Kedua: Ia mengetahui keharamannya dan (meyakini) bahwa “Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi gantinya dengan yang lebih baik.” Akan tetapi syahwatnya lebih besar dari pada kesabarannya dan hawa nafsunya lebih dominan dari pada akalnya. Sebab yang pertama adalah karena lemah akalnya, sedangkan yang kedua adalah karena lemah akal dan mata hatinya. (al-Fawa’id karya Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah)

Read More »

Terhalangi dari Ilmu Karena Dosa dan Maksiat

Terhalangi dari Ilmu Karena Dosa dan Maksiat - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Ilmu merupakan cahaya yang Allah tanamkan di dalam hati seseorang, dan cahaya tersebut akan redup atau bahkan mati tatkala dosa dan maksiat mengotorinya. Lihatlah, betapa banyak ilmu-ilmu yang telah kita pelajari, namun kemudian lenyap begitu saja ke dalam lembah kegelapan karena disebabkan oleh perbuatan dosa dan maksiat yang kita lakukan. Betapa banyak orang yang awalnya hafal ayat-ayat al-Quran lalu kemudian dilupakan dari hafalannya tersebut karena hatinya lebih mencintai (bergantung kepada) kemaksiatan. Betapa banyak orang yang semangat di dalam berdakwah kepada Allah, namun dia dijauhkan dari barokah dakwahnya tersebut disebabkan karena dosa-dosa yang ia lakukan.

Read More »

Tatkala Musibah Datang Menimpa

Tatkala Musibah Datang Menimpa - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Musibah dan cobaan sering kali menimpa kehidupan manusia, hal ini sangat wajar karena musibah dan cobaan merupakan bagian dari ketetapan Allah yang pasti berlaku bagi setiap hambaNya. Bagaimana sikap seorang muslim tatkala musibah menimpa dirinya? Apa saja hikmah yang bisa dipetik dari setiap musibah yang menimpanya tersebut? Dan apa saja yang harus dilakukannya tatkala dirinya tertimpa suatu musibah?

Read More »

Renungan tentang Kematian

Renungan tentang Kematian - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Setiap orang pastinya Islam akan sepakat jika tidak akan ada manusia yang bisa hidup kekal di dunia ini. Sejak zamannya Nabi Adam hingga sekarang, entah sudah berapa banyak manusia yang meninggal dunia menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala. Orang yang berakal tentunya akan berpikir bahwa hidupnya di dunia ini suatu saat akan berakhir. Dan ketika ajalnya datang, maka siapapun tidak akan ...

Read More »