HomeTeladan

Teladan

Keutamaan Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu

Keutamaan Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Setiap Muslim harus meyakini dengan keyakinan yang kuat, bahwa manusia terbaik dari umat ini setelah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu adalah Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Barangsiapa yang mempunyai keyakinan yang meyelisihi hal ini, atau bahkan mencela dan melaknat Umar, maka bisa dipastikan ia adalah orang yang zindiq, rusak aqidahnya, dan dari kalangan rafidhah (Syi’ah).

Read More »

Keutamaan Abu Bakar Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu

Keutamaan Abu Bakar Ash-Shiddiq - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Tidak ada perbedaan pendapat di kalangan umat Islam bahwa orang terbaik setelah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu. Dalil-dalil akan hal ini pun sangatlah banyak baik itu dari al-Quran, as-Sunnah, mapun dari perkataan para ulama. Imam Syafi’i rahimahullah berkata: مَا اخْتَلَفَ أَحَدٌ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ فِي تَفْضِيْلِ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَتَقْدِيْمِهُمَا عَلَى جَمِيْعِ الصَّحَابَةِ “Tidak ada perbedaan pendapat di antara para sahabat dan para tabi’in dalam pengutamaan Abu Bakar dan ‘Umar, serta mendahulukannya dari seluruh sahabat.” (Kitab al-I’tiqad, Imam al-Baihaqi, halaman 192) Apa saja keutamaan sahabat Abu Bakar asj-Shiddiq radhiyallahu 'anhu? Simak selengkapnya pembahasan akan hal tersebut di dalam artikel berikut ini.

Read More »

Keutamaan Para Sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Keutamaan Para Sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Sebagai generasi terbaik manusia, para sahabat tentu saja menjadi teladan bagi generasi-generasi setelahnya. Merekalah orang-orang yang sangat mentaati dan mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi diri-diri mereka sendiri. Pada zaman mereka jugalah wahyu Allah turun kepada NabiNya dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendirilah yang mendidik mereka dalam tarbiyah Islamiyyah. Berkat keberadaan mereka pula, Islam sampai hingga di zaman kita ini. Lalu apa saja keutamaan para sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam? Simak penjelasannya di dalam artikel berikut ini.

Read More »

Meneladani Semangat Seorang Kakek Buta

Meneladani Semangat Seorang Kakek Buta - MuadzDotCom - Sahabat Belajar Islam

Syaikh Prof. Dr. Abdurrazaq bin Abdul Muhsin al-Badr hafidzahullah ta’ala mengisahkan bahwa: “Di sebuah kampung kecil yang terletak di sebelah timur kota Madinah saya pernah melihat seutas tali yang membentang dari sebuah rumah ke pintu masjid. Maka aku pun bertanya mengenai hal tersebut. Dan dikatakan bahwa rumah itu adalah milik seorang laki-laki tua yang telah kehilangan penglihatannya (buta) dan dia tidak mempunyai pemandu (untuk mengantarnya ke masjid). Maka dari itu, ia menggunakan tali tersebut sepada tiap kali datangnya waktu shalat (berjamaah), untuk bisa (memandunya) pergi ke masjid kemudian kembali lagi kerumahnya.” (Lihatlah bagaimana perjuangan seorang kakek tua yang telah buta namun sangat bersemangat untuk bisa pergi ke masjid dalam rangka menunaikan shalat berjamaah.)* “Bagaimana denganmu wahai para pemuda yang masih mempunyai kesehatan, kekuatan serta penglihatan yang normal?!”

Read More »